Apakah Redoxon Aman Dikonsumsi Setiap Hari Oleh Ibu Hamil?

Selama kehamilan, dokter tentu meminta bunda untuk memastikan semua kebutuhan nutrisi selalu terpenuhi. Bahkan dokter juga akan meminta bunda untuk mengonsumsi beberapa suplemen makanan, karena dikhawatirkan mengonsumsi makanan saja tidak mampu mencukupinya.

Bunda memang membutuhkan suplemen supaya tidak mudah sakit, sehingga kehamilan bisa berjalan lancar. Saat belum hamil, bunda bisa bebas memilih suplemen yang dijual di pasaran seperti Redoxon misalnya untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian. Namun, apakah saat sedang hamil bunda bebas memilih suplemen?

Bunda juga tentu bertanya tanya apakah mengonsumsi Redoxon saat hamil itu aman? Untuk mengetahui Redoxon aman atau tidak dikonsumsi oleh wanita hamil, simak penjelasan dibawah ini :

  1. Redoxon Untuk Ibu Hamil

Secara umum, bunda dan bayi didalam kandungan memang membutuhkan vitamin C setiap hari. Sebab peranan vitamin C sangat penting bagi tubuh untuk membuat kolagen, yaitu protein struktural yang merupakan komponen tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit. Beberapa peneliti meyakini bahwa kekurangan vitamin C pada bayi baru lahir dapat mengganggu perkembangan mental.

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, bagi ibu hamil ini sangat penting untuk membantu memperbaiki jaringan, penyembuhan luka, pertumbuhan dan perbaikan tulang, serta kesehatan kulit.

Bahkan vitamin C juga dapat membantu tubuh melawan infeksi dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan. Vitamin C akan membantu tubuh dalam menyerap zat besi, terutama dari sumber nabati.

Kebutuhan vitamin C setiap orang tidak sama setiap harinya. Contohnya :

  • Wanita hamil berusia 18 tahun dan lebih muda membutuhkan 80 miligram (mg) per hari.
  • Wanita hamil berusia 19 tahun keatas membutuhkan 85 mg per hari.
  • Wanita menyusui berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan 115 mg per hari.
  • Wanita menyusui berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 120 mg per hari.
  • Wanita tidak hamil berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan 65 mg per hari.
  • Wanita tidak hamil berusia 19 tahun keatas membutuhkan 5 mg per hari.

Sebenarnya, kebutuhan ibu hamil akan Vitamin seperti Redoxon ini bukan menjadi suatu keharusan. Apalagi Redoxon mengandung dosis vitamin C yang tinggi. Ibu hamil tidak terlalu membutuhkan Redoxon. Sebaliknya, bunda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari sumber makanan alami.

Alangkah baiknya bunda konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen apapun selama masa kehamilan.

  • Perhatikan Hal Ini Jika Ibu Hamil Hendak Konsumsi Redoxon

Meski Redoxon dikategorikan sebagai obat bebas, namun bunda tidak boleh sembarangan menggunakan suplemen vitamin ini, apalagi jika bunda sedang hamil. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil sebelum mengonsumsi Redoxon, yaitu :

  • Jangan mengonsumsi Redoxon jika bunda alergi terhadap vitamin C atau kandungan lain yang ada didalam produk suplemen ini.
  • Hati hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin ini jika bunda menderita fenilketonuria, penyakit jantung, batu ginjal, hemokromatosis, diabetes, anemia, gangguan kelenjar paratiroid, ataupun defisiensi glucose-6-phophate dehydrogenase (G6PD).
  • Konsultasikan dahulu dengan dokter penggunaan Redoxon ini jika bunda sedang mengonsumsi obat, suplemen, ataupun produk herbal lainnya.
  • Konsultasikan dahulu dengan dokter penggunaan Redoxon ini jika bunda sedang hamil, menyusui, atau bahkan sedang merencanakan kehamilan.
  • Jika terjadi reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi Redoxon segera kunjungi dokter.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *