Pengobatan Radang Sendi

Memang rasa nyeri yang dirasakan pada bagian persendian bisa disebabkan karena adanya benturan benda keras, namun rasa nyeri sendi ini juga bisa disebabkan karena adanya masalah seperti radang sendi. Hal ini dkarenakan kandungan purin yang menumpuk menyebabkan otot menjadi kaku dan pegal, yang akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan.

Pengobatan Radang Sendi

Pengobatan radang sendi ini bertujuan untuk mengatasi penyebab, meringankan gejala, dan memperbaiki fungsi sendi supaya penderita bisa tetap beraktivitas secara normal. Untuk mengatasi radang sendi ini, dokter akan memberikan beberapa pilihan pengobatan, diantaranya sebagai berikut seperti yang dikutip dari berita terbaru terpopuler :

  1. Obat – Obatan

Pemberian obat-obatan ini bertujuan untuk mengatasi peradangan serta meredakan keluhan pada sendi. Ada beberapa jenis obat yang biasanya diberikan, antara lain :

  • Obat antinyeri, seperti paracatemaol atau capsaicin krim
  • Obat antiperadangan yang juga dapat meredakan nyeri, seperti obat kortikosteroid atau obat antiinflamasi.
  • Sedangkan untuk mengatasi radang sendi yang disebabkan oleh penyakit autoimun, maka dokter akan memberikan obat disease-modifying antirheumatic drugs (DMARDs). Adapun contoh obat DMARDs adalah methotrexate atau hydroxychlorquine.
  • Fisioterapi

Selain pemberian obat-obatan, cara mengobati radang sendi juga bisa dilakukan dengan cara fisioterapi. Fisioterapi ini dilakukan guna memperkuat otot-otot di sekitar sendi serta meningkatkan kemampuan gerak tubuh.

Dengan fisioterapi ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi gerak yang berkurang akibat radang sendi. Salah satu contoh fisioterapi sederhana yang dapat dilakukan guna mengobati radang sendi adalah dengan pemberian kompres dingin atau hangat. 

  • Operasi

Cara pengobatan radang sendi yang terakhir adalah melalui operasi. Metode ini dilakukan guna memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak. Pilihan operasi ini akan dilakukan jika gejala radang sendi sudah sangat parah dan tidak bisa diatasi dengan obat-obatan ataupun fisioterapi.

Ada beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi radang sendi atau artritis ini, yakni arthroplasty, arthrodesis, dan osteotomy.

  • Pola Hidup Yang Sehat

Selain melakukan pengobatan dari dokter, penderita radang sendi juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, diantaranya :

  • Menjaga Berat Badan Yang Ideal

Dalam hal ini, penderita radang sendi yang mempunyai berat badan berlebih, maka disarankan untuk menurunkan berat badan dengan melakukan pengaturan pola makan atau diet. Sebab, jika berat badan berkurang, maka tekanan pada sendi pun akan berkurang.

  • Rutin Berolahraga

Selain menyehatkan, olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperkuat otot-otot di sekitar persendian, serta membuat persendian lebih stabil. Adapun jenis olahraga uang direkomendasikan adalah berenang. Karena berenang ini merupakan jenis olahraga yang tidak memberikan tekanan berlebih pada sendi.

  • Pola Makan Yang Sehat

Penyakit radang sendi ini bisa timbul karena asupan makanan yang salah. Jadi, jika asupan makanan ini tidak dijaga dengan baik, maka penderita akan mengalami gangguan ginjal yang bisa berujung pada kematian. Untuk terhindar dari masalah tersebut, segera ubah asupan makanan dengan cara menghindari makanan pantangan radang sendi diantaranya :

  • Jamur

Pada jamur ini terdapat kandungan purin sebanyak 92-17 gram purin per 100 gram jamur. Sehingga jamur ini termasuk makanan yang harus dihindari oleh orang yang menderita penyakit radang sendi.

  • Nanas

Selain jamur, ternyata nanas juga bisa menyebabkan timbulnya radang sendi. Hal ini dikarenakan pada nanas akan difermentasi menjadi alkohol di dalam pencernaan yang bisa menyebabkan timbulnya radang sendi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *