Cara Benar dan Tepat Membersihkan Layar Smartphone

Cara Benar dan Tepat Membersihkan Layar Smartphone – Meskipun Anda harus mengindahkan seruan untuk sering-sering mencuci tangan dan menghindari menyentuh wajah untuk mengurangi kemungkinan tertular atau menyebarkan virus COVID-19 yang mematikan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga mendesak individu untuk membersihkan secara teratur permukaan yang sering disentuh.

Terkait  dengan gagang pintu dan meja, permukaan dengan sentuhan tinggi juga mencakup peralatan teknologi: keyboard komputer, mouse, tablet, remote TV, dan, tentu saja, smartphone Anda. Berikut ini adalah panduan sederhana tentang cara membersihkan layar smartphone dengan benar – dan apa yang harus dihindari agar Anda tidak merusaknya.

Matikan Perangkat

Sebelum Anda membersihkannya, pastikan sudah dicabut dari stop kontak. Dengan cara ini, Anda menghindari potensi korsleting, Anda dapat melihat permukaan yang sedang dibersihkan dengan lebih baik, dan tidak akan menerima telepon atau pesan secara tidak sengaja. Jika ponsel berada dalam casing pelindung, maka lepaskan terlebih dahulu kemudian seka casingnya juga.

Gunakan Kain Mikrofiber

Pakai kain mikrofiber bebas serabut, seperti kain lensa untuk kacamata atau kacamata hitam Anda saat menyeka layar dengan cairan secara perlahan. Jangan gunakan tisu atau paper towel karena keduanya dapat meninggalkan residu di layar atau bahkan mungkin menggores lapisan pelindung layar.

Pakai Cairan Pembersih

Gunakan sedikit semprotan dengan etanol 70 persen atau alkohol isopropil atau gunakan air sabun hangat untuk menyeka ponsel dari atas ke bawah sambil menahannya di sisi-sisinya. Kemudian bersihkan bagian kamera smartphone dengan benar serta bagian belakang yang lain, sambil berhati-hati agar tidak ada cairan apa pun ke port seperti port pengisian daya atau jack headphone. Meskipun ponsel Anda tahan air, sebaiknya jangan pernah merendamnya.

Cara Alternatif

Sebagai alternatif, gunakan tisu isopropil alkohol 70 persen atau tisu desinfektan Clorox untuk membersihkan layar smartphone Anda secara efektif. Pembuat smartphone mengatakan untuk menghindari penggunaan produk seperti pemutih, pembersih tangan dan produk seperti semprotan Lysol karena dapat merusak layar.

Tips tambahan

  • Casing ponsel tidak hanya melindungi perangkat Anda dari tetesan yang tidak disengaja, tetapi virus tidak hidup selama bagian belakang casing silikon atau kulit dibandingkan dengan bagian belakang ponsel yang seluruhnya terbuat dari kaca atau plastik. Namun, casing ponsel perlu dibersihkan dengan semprotan atau tisu nonabrasif untuk membantu Anda menjaga bagian belakang ponsel bebas dari virus.
  • Pelindung layar adalah ide yang baik untuk mengurangi kemungkinan tergores atau retak pada layar smartphone. Itu juga dapat melindungi layar dari semprotan atau tisu asam, yang dapat merusak kaca.
  • Proses membersihkan ponsel cerdas Anda sama untuk e-reader dan tablet. Saat Anda menyeka layar dengan sedikit cairan dan kain mikrofiber, pastikan tidak ada kelembapan yang masuk ke port pengisian daya atau headphone.

Nah, setelah Anda menyelesaikan proses membersihkan layar smartphone, biarkan smartphone Anda hingga kelembapan yang tersisa mengering secara alami. Baru setelah itu Anda harus menyalakannya lagi dan memasang kembali kasing dan aksesoris lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *