Tips Memperkuat Kesehatan Jantung Sejak Dini

Tips Memperkuat Kesehatan Jantung Sejak Dini – Pernahkah Anda mendengar tentang kematian disebabkan oleh serangan jantung? Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menghancurkan milik Anda sendiri? Apalagi jika keputusan dan tindakan yang salah dilakukan selama bertahun-tahun dapat berdampak buruk, tetapi Anda dapat mengambil tindakan untuk secara serius mengurangi risiko masalah jantung sejak dini.

Studi menunjukkan bahwa sekitar 80% penyakit jantung dapat dicegah. Penyakit jantung adalah penyebab kematian No. 1 di seluruh dunia, dan sebagian besar dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup Anda dan mengelola faktor risiko. Dalam ulasan berikut ini ada beberapa tips untuk Anda agar dapat mencegah resiko penyakit jantung yang perlu dilakukan sejak dini.

Konsumsi Dark Chocolate

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat menurunkan sejumlah faktor resiko berbagai penyakit jantung, berdasarkan penjelasan salah seorang pakar akupuntur asal Jerusalem. Ini termasuk menurunkan kadar LDL teroksidasi yang secara langsung terkait untuk perkembangan penyakit jantung yang sebagian besar berkat kandungan antioksidan dalam cokelat hitam.

Kurangi Minuman Beralkohol

Anda tahu bahwa minum-minum terlalu banyak dapat menyebabkan masalah hati. Tapi itu juga bisa merusak jantung Anda yang menyebabkan kardiomiopati, suatu kondisi di mana jantung menjadi membesar dan melemah. Kebiasaan tersebut meningkatkan risiko serangan jantung. Untuk kesehatan jantung, para ahli mengatakan pria harus membatasi diri pada dua gelas minuman beralkohol sehari, dan wanita tidak boleh lebih dari satu.

Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur adalah waktu saat tubuh memperbaiki dirinya sendiri, termasuk jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh CDC, orang yang tidur kurang dari 7 jam semalam dilaporkan mengalami lebih banyak serangan jantung — bersama dengan obesitas, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi, kondisi yang menyebabkan penyakit jantung. Para ahli, merekomendasikan agar orang dewasa tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Jangan Kebanyakan Tidur

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa tidur lebih dari delapan jam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Rata-rata sembilan jam datang dengan risiko sedang, dan 11 jam dikaitkan dengan peningkatan hampir 44 persen. Dapatkan tujuh hingga sembilan jam — tidak lebih, tidak kurang.

Jangan Merokok

Asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 racun. Saat terhirup, mereka merusak arteri dan melemahkan jantung. “Berhenti merokok, karena akan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke dengan seorang diri hingga 40 hingga 50%,” kata Patel ahli kesehatan jantung asal AS. Jika Anda menggunakan tembakau, temui dokter Anda tentang strategi yang dapat membantu Anda berhenti. Jika Anda tidak merokok, jangan memulainya.

Makan Lemak Sehat dan Protein Tanpa Lemak

Protein sama, jika tidak lebih, penting dalam hal memperkuat jantung Anda. Ikan berlemak dan sumber makanan berlemak sehat, seperti alpukat dan biji chia, akan memberikan protein tanpa lemak yang sehat untuk jantung dan tubuh Anda untuk membangun dan memperkuat otot jantung. Konsumsi 0,8 gram protein per kg berat badan setiap hari; dapatkan dari sumber protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, salmon dan kacang-kacangan.

Baca juga : https://aliaulfah.student.telkomuniversity.ac.id/2020/03/11/5-manfaat-menjaga-kesehatan-mental-bagi-tubuh/

Beberapa tips untuk memperkuat kesehatan jantung di atas masih bisa dapat Anda jadikan kebiasaan yang baik mulai dari sekarang. Perlu Anda ingat bahwa semuanya harus dilakukan dengan konsisten agar Anda dapat mencegah resiko tersebut.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *