Tips Menurunkan Kolesterol

Tips Menurunkan Kolesterol – Kolesterol adalah metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang terdapat dalam membran sel yang akan disirkulasikan pada plasma darah. kolesterol telah ada di dalam tubuh dan memang dibutuhkan oleh tubuh, namun ketika kolesterol di dalm tubuh Anda menjadi berlebih maka akan membahayakan kesehatan yang Anda miliki.

Bila kolesterol di dalam tubuh Anda berlebih maka akan menyebabkan beberapa gejala seperti sakit kepala, sesak, dan terasa sakit di beberapa bagian tubuh Anda. Bahkan apabila kolesterol berlebih di dalam tubuh Anda dapat mengancam kesehatan Anda. Oleh karena itu untuk mencegah peningkatan kolesterol di dalam tubuh lakukan beberapa langkah pencegahan.

Sebab kadar kolesterol normal di dalam darah hanyalah kurang dari 200mg/dL. Berikut ini cara atau tips yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol.

Minum Obat Dokter

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah meminum obat dokter, ketika kolesterol Anda telah naik maka sebaiknya Anda bisa melakukan sebuah penanganan dengan meminum obat dokter. Sebab apabila dibiarkan akan menyebabkan penyakit lainnya seperti jantung dan juga stroke yang sangat berbahaya.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Selain meminum obat dari dokter, maka Anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda dengan cara memperbanyak makan sayur dan juga buah. Hal ini karena di dalam sayur dan buah terdapat banyak kandungan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sangat disarankan untuk Anda mengonsumsi sayur dan buah sekitar 500 gram setiap harinya.

Mengonsumsi Makanan dengan Kandungan Omega-3

Omega-3 adalah sebuah zat yang sangat memiliki peranan penting dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada pada tubuh Anda. Omega-3 selain baik untuk penurunan kolesterol juga bermandar dalam hal trigliserida dalam darah. Zat ini bisa Anda dapatkan selain dari vitamin omega-3 juga bisa Anda dapatkan pada makanan seperti ikan salmon, tuna, sarden, makerel, biji, chia, dan juga kacang kenari.

Konsumsi Makanan dan Minuman dengan kandungan Serat Larut

Bila Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka Anda bisa menurunkannya dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat larut. Anda bisa mengonsumsi buah berupa ubi jalar, alpukat, lobak, pir, brokoli, apel, wortel, kacang merah dan juga gandum. Ketika Anda rutin mengonsumsi makanan-makanan tersebut maka kolesterol jahat dalam tubuh Anda akan menurun.

Piih Makanan Rendah Lemak

Penyakit kolesterol yang tinggi memang mengharuskan Anda untuk memilih-milih makanan, tidak sembarang makanan yang dapat Anda konsumsi. Untuk menurunkan kolesterol Anda bisa mengonsumsi makanan rendah lemak. Makanan yang dapat Anda konsumsi berupa ikan, ayam, susu low fat, putih telur, dan juga kacang-kacangan. Dan yang paling penting adalah hindari makanan yang digoreng.

Berhenti Merokok

Rokok adalah sumber berbagai macam penyakit, bahkan kolesterol. Untuk Anda yang ingin menurunkan kolesterol  maka Anda yang merokok harus menghentikan kebiasaan merokok yang Anda miliki. Sebab ketika Anda merokok zat yang ada akan membuat kadar kolesterol baik di dalam tubuh Anda akan menurun dan meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Olahraga Teratur

Menurunkan kadar kolesterol selain melalui makanan, Anda juga bisa melakukannya dengan cara melakukan olahraga yang teratur. Olahraga tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi bugar. Tetapi juga membuat kadar kolesterol jahat Anda menurun dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh Anda.

Baca juga : https://aliaulfah.student.telkomuniversity.ac.id/2020/05/01/7-langkah-sehat-mencegah-penuaan/

Demikianlah tips dan cara yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh Anda. Pastikan bahwa Anda selalu menjaga kolesterol Anda agar berada pada kadar normal sebab akan sangat membahayakan bila kolesterol Anda berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *