Cara Mencegah Penyakit Hipertiroid

Cara Mencegah Penyakit Hipertiroid – Kesehatan adalah suatu hal yang sangat mahal dan sangat penting untuk dijaga. Sebab ketika Anda sudah mengalami sakit maka akan sulit untuk menyembuhkannya dan juga akan menguras isi dompet Anda. Oleh karena itu Anda harus menjaga kesehatan Anda dengan sebaik mungkin. Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan sebuah enyakit.

Salah satu jenis penyakit yang harus Anda hindari terlebih oleh Anda anak muda adalah penyakit hipertiroid atau sebuah penyakit yang disebabkan oleh hormon kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Penyakit ini mungkin terdengar biasa saja dibandingkan dengan penyakit mematikan lainnya seperti penyakit jantung, stroke, paru-paru dan yang lainnya. Namun jangan salah penyakit ini bukanlah sebuah penyakit yang harus dianggap remeh.

Penyakit Hipertiroid yang disebsabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat menimbulkan sebuah penyakit komplikasi pada organ-organ vital tubuh Anda, salah satunya adalah jantung. Sehingga Anda jangan menganggap penyakit ini adalah penyakit yang biasa saja. Sebaiknya sejak Anda masih remaja Anda harus mencegah penyakit hipertiroid agar masa tua Anda aman dari penyakit ini.

Sebenarnya hormon tiroid adalah sebuah hormon yang dibutuhkan oleh tubuh, namun dengan jumlah yang terbatas. Apabila hormon ini berlebih maka akan menimbulkan beberapa gejala pada diri Anda yang tentunya akan membuat Anda kesulitan. Gejala-gejala yang ditmbulkan oleh enyakit ini adalah detak jantung yang tidak teratur, tremor, rambut rontok, suasana hati yang mudah tergangu, susah tidur, otot lemah, dan gangguan pencernaan.

Apabila Anda sudah merasakan gejala-gejala demikian, maka Anda haruslah berhati-hati dan sebaiknya langsung periksakan diri Anda kepada dokter ahli. Agar hormon yang berubah menjadi racun ini tidak membahayakan Anda. Bila Anda seorang perempuan dan terkena penyakit ini, maka akan menyebabkan Anda untuk tidak dapat melahirkan secara normal.

Untuk itu sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum Anda merasakan gejala-gejala yang berbahaya tersebut. Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah penyakit hipertiroid sejak dini.

Berhenti Merokok

Penyakit hipertiroid tidak memandang jenis kelamin, mau itu laki-laki ataupun perempuan maka Anda tetap harus berhati-hati dan melakukan pencegahan. Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan berhenti merokok. Rokok adalah sumber atau biang utama dari berbagai macam penyakit, tidak terkecuali hipertiroid ini. Sebab di dalam rokok terdapat zat kimia berbahaya yang akan menghambat kinerja organ.

Zat kimia tersebut juga akan menghambat kerja jaringan kelenjar tiroid. Rokok juga akan mengganggu penyerapan yodium di dalam tubuh sehingga akan mengganggu kelenjar tiroid Anda, yang mana tubuh juga membutuhkan yodium sehingga apabila Anda kekurangan yodium maka akan sangat rentan terkena penyakit ini.

Konsumsi Makanan yang Menyehatkan Kelenjar Tiroid

cara mencegah penyakit hipertiroid dan menurunkan resiko terkena penyakit hipertiroid berikutnya adalah dengan meningkatkan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Makanan-makanan yang menyehatkan kelenjar tiroid adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai, namun Anda juga harus mengonsumsinya dalam batas jumlah yang wajar dan tidak boleh berlebihan.

Cukupi Asupan Yodium

Dalam memilih garam dapur sebaiknya Anda menggunakan garam dapur yang mengandung yodium, sebab yodium sangat dibutuhkan kelenjar tiroid. Jangan sampai Anda memilih garam yang tidak beryodium karena akan meransang kelenjar tiroid untuk bekerja lebih aktif dari biasanya dan akan membahayakan Anda.

Baca juga : https://aliaulfah.student.telkomuniversity.ac.id/2020/05/01/7-langkah-sehat-mencegah-penuaan/

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mencegah penyakit hipertiroid yang dapat menyerang berbagai kalangan dan usia, baik itu pria maupun wanita.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *