5 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Saraf

5 makanan sehat untuk Menjaga kesehatan saraf – Sistem saraf memiliki peran yang sangat vital bagi setiap berlangsungnya kehidupan seseorang. Khususnya adalah untuk sistem saraf pusat yang bertugas untuk mengatur dan mengontrol sebagian besar dari fungsi tubuh seseorang.

Namun, banyak sekali orang yang menganggap sepele terkait masalah dalam menjaga pentingnya kesehatan saraf ini. Padahal, seiring dengan berjalannya usia maka besar sekali bagi seseorang untuk terkena risiko gangguan saraf ini.

Nah, salah satu cara dalam menjaga diri terlebih kesehatan saraf ini, Anda bisa dengan mengkonsumsi makanan sehat. Ada banyak sekali makanan sehat yang mampu mencegah dan juga menjaga sistem saraf Anda tetap baik dan sehat.

Makanan yang bisa digunakan untuk proses dalam menjaga kesehatan saraf ini tentunya memiliki kandungan-kandungan khusus yang memang dibutuhkan dalam sistem saraf. Diantaranya adalah makanan yang mengandung lemak sehat, vitamin, mineral essensial, dan juga antioksidan.

Kandungan-kandungan dalam makanan sehat ini tidak hanya digunakan sebagai cara dalam menjaga sistem saraf saja, namun juga dapat digunakan sebagai pencegah penyakit yang bisa menimbulkan terganggunya sistem saraf pada diri seseorang.

Nah, berikut ini akan dijabarkan dan juga disebutkan mengenai apa saja makanan sehat yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan sistem saraf Anda.

Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang hampir semua orang menyukainya, terlebih jika dijadikan jus alpukat. Buah alpukat ini dilansir memiliki banyak sekali kandungan lemak sehatnya. Hal ini tentunya akan sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk sistem sarafnya. Selain itu, buah alpukat ini juga mengandung folat dan juga vitamin K yang dibutuhkan untuk tubuh.

Kedua kandungan ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan saraf pusat karena dipercaya dapat mengurangi stroke dan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Buahnya kecil namun memiliki manfaat yang besar, ya!

Brokoli

Makanan sehat selanjutnya adalah brokoli. Brokoli ini dipercaya mengandung vitamin K yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, sayuran brokoli ini juga dapat meningkatkan ketajaman dalam berpikir.

Kacang

Banyak orang yang menghindari kacang apalagi bagi yang memiliki riwayat penyakit kolesterol. Namun siapa sangka bahwa kacang memiliki kandungan yang diperlukan dalam menjaga kesehatan sistem saraf seseorang.

Kacang yang dimaksudkan adalah seperti hazelnut, kenari, almond, dan juga kacang mete. Yang mana jenis-jenis kacang ini mengandung magnesium yang penting untuk sistem saraf. Selain itu ada juga kacang Brazil yang memiliki kandungan selenium dan mineral yang juga dibutuhkan dalam menjaga kesehatan saraf.

Oatmeal

Makanan sehat selanjutnya adalah oatmeal. Banyak orang yang menjaga pola makan dengan berdiet menggunakan oatmeal. Namun ternyata mengkonsumsi oatmeal setiap hari dapat membantu untuk menstabilkan sistem saraf pusat, loh.

Kandungan oatmeal ini juga mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk menurunkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Dengan rajin mengkonsumsi oatmeal juga mampu membantu menurunkan berat badan, itu sebabnya makanan ini selalu jadi favorit para pejuang diet, karena mengandung banyak sekali serat.

Teh Hijau

Ternyata tidak hanya makanan sehat yang bisa membantu menjaga sistem saraf tetap baik, minuman pun bisa melakukannya. Ya, teh hijau ini dikenal memiliki kandungan antioksidan yang dikenal dengan nama katekin. Yang mana kandungan antioksidan ini sangat baik untuk mencegah proses penuaan akibat stress otak.

Baca juga : https://aliaulfah.student.telkomuniversity.ac.id/2020/06/17/cara-mencegah-penyakit-hipertiroid/

Selain menjaga pola dan juga asupan makanan serta minuman yang sehat, tentu Anda juga perlu melakukan olahraga yang teratur dalam upaya untuk menjaga kesehatan saraf Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh setidaknya satu tahun sekali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *